Wednesday 23 September 2015

Split Apple Rock, Batu Besar Terbelah "Pedang Zeus"

Split Apple Rock adalah formasi geologi batuan di Tasman Bay lepas pantai utara South Island Selandia Baru. Batu, dari jenis granit ini, terlihat seperti apel yang terbelah dua. Batu yang menjadi daya tarik wisata yang populer ini terletak di Laut Tasman sekitar 50 meter di lepas pantai antara Kaiteriteri dan Marahau.


Celah yang menghasilkan dua 'sisi apel' ini adalah proses alam. Ahli geologi mengatakan bahwa batu ini telah terbelah sejak jaman es.

Saat itu beberapa air meresap ke dalam celah di batu dan saat jaman es memuncak, suhu yang yang sangat rendah membekukan air yang meresap di batu dan dengan demikian memperbesar volume air yang menyebabkan batu terbelah dua.

Ada juga beberapa mitos mengenai batu belah ini, salah satunya mengatakan bahwa batu itu terbelah, seperti apel, oleh pedang Zeus saat bertempur dengan Neptunus memperebutkan Dione. Zeus akhirnya memenangkan pertempuran dan memperoleh Dione. Namun bagaimana batu ini bisa berada di New Zealand tetap menjadi misteri.

Mitos satu lagi berasal dari suku setempat, Maori, yang mengatakan bahwa dahulu ada dua dewa yang berkelahi memperebutkan batu. Namun setelah lelah berperang, akhirnya dua dewa tersebut memutuskan untuk membagi dua batu itu dan mengakhiri perkelahian mereka.













Sumber : versesofuniverse.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites