Monday 30 August 2010

10 Toilet Umum Terbaik di Dunia

Ketika sebagian orang di dunia masih ogah-ogahan menggunakan toilet umum karena kesan jorok dan bau, beberapa negara maju justru telah berlomba merancang toilet umum yang fungsional,sustainable, dan memiliki arsitektur gaya modern. Selain itu, toilet-toilet terbaik pun memiliki keunggulan dalam segi fungsi, teknologi, kebersihan, dan bahkan menjadi salah satu keunggulan pariwisata karena sangat mengesankan bagi penggunanya.

Cek foto-fotonya berikut ini, dan silahkan menilai apakah toilet-toilet tersebut memang layak menyandang predikat the best public toilet. Siapa tahu, Anda mendapatkan inspirasi untuk menerapkannya di rumah.



  1. Kumutoto






Tepatnya terletak di Wellington, Selandia Baru, terdapat 2 bangunan unik berbentuk seperti siput besi merah atau semacam arthropoda. Jangan takut, karena ini bukanlah monster mengerikan seperti di film-film, melainkan sebuah toilet umum. Kumutoto adalah 2 toilet umum yang dirancang oleh Studio Pacific Architect. Memang diakui oleh semua orang bahwa Kumutoto merupakan toilet umum paling aneh di dunia. Bentuknya sangat iconic, visible, dan mudah dikenali, menjadikannya sebagai toilet umum yang sangat terkenal. Di dalamnya, toilet umum ini didesain minimalis dan tentu sangat bersih.


  1. Roadside Reststop Akkarvikodden








Toilet umum ini terletak di Norwegia, tepatnya di wilayah Akkarvikodden, sebuah rute perjalanan wisata di pegunungan Norwegia. Seperti yang sering kita alami saat travelling ke gunung, jarang bisa ditemukan toilet umum di tempat-tempat seperti ini. Tetapi Manthey Kula Architects memberikan solusi dengan membangun kembali sebuah toilet umum. Awalnya toiletdi tempat ini hanya berupa bangunan biasa yang rapuh dan akhirnya tersapu angin. Melihat pentingnya toilet di kawasan tersebut, sang desainer lantas membangunnya kembali.

Dindingnya dibangun dari material Corten steel yang ditanam langsung ke dalam tanah, sehingga membuatnya tahan pada cuaca. Toilet dan wastafelnya sendiri dibuat dari stainless steel yang dilapisi kaca untuk mencegah karat dan noda. Desainnya dengan atap pelana terbalik, berbentuk minimalis dengan gaya rustic.


  1. Trail Restroom






Toilet umum ini terletak di Austin, Texas, AS. Tampak dari atas, bangunan kecil ini berbentuk seperti loop. Tetapi dari samping, Anda akan tertipu dan mengira toilet ini sangat panjang. Bentuknya yang unik menjadikan bangunan ini sebagai salah satu iconic sculpture  dari taman Sungai Colorado. Bentuk bangunan utamanya adalah tabung besar berdiameter sekitar 4 meter. Toilet ini juga dibangun dari Corten steel sebanyak 49 lembar sebagai dinding. Di bagian atapnya diberi celah sekitar 60 cm agar sinar matahari dan udara segar bisa masuk.


  1. Wembley WCs








Didesain dengan fasad berupa perforated metal warna emas, bangunan setinggi 5 meter ini sukses menarik perhatian warga London yang melintas. Letaknya tepat di pedestrial Wembley, sisi utara dari London. Dengan tepat berada di pinggir jalan, WC umum tersebut memudahkan setiap orang yang berkepentingan untuk segera ke toilet. Gort Scott, perancang toilet umum tersebut, memberikan base dari beton agar kuat menahan beban metal di atasnya. Fasad sengaja dibuat berlubang untuk memudahkan cahaya masuk, tanpa orang luar bisa menengok ke dalam.


  1. Uster Public Toilet






Toilet umum ini dirancang oleh Kohler dan Gramazio pada tahun 2011 di Uster, Swiss. Toilet berwarna hijau cerah tersebut merupakan salah satu prototype dari bentuk arsitektur urban masa kini di Swiss, sebagai simbol perkembangan arsitektur di negara ini. Selama beberapa tahun ke depan, negara ini akan terus membuat toilet umum dengan tema serupa di berbagai kota lainnya.

Desain parametris dari fasadnya dibuat dari lembaran folded aluminium yang disusun secara vertikal, sehingga menimbulkan efek formasi jajar genjang bersusun dan gradasi warna shimmer pada tampilannya. Alumunium ini juga menimbulkan efek refleksi yang dramatis dari berbagai sudut dari setiap lipatannya.


  1. Hiroshima Park Restrooms








Didesain oleh Future Studio, toilet umum berwarna cerah tersebut melambangkan budaya dan seni origami yang menjadi salah satu ciri khas Jepang. Dengan tipografi sederhana dan anggun, Hiroshima Park Restroom ingin menunjukkan nilai-nilai yang ada di Jepang, yaitu: teratur, disiplin, dan kelembutan. Tipografi tersebut jika dilihat dari belakang sisi yang berwarna, akan terlihat seperti perahu kertas.

Bangunan kecil di taman kota Hiroshima ini memiliki bentuk unik, yaitu segitiga. Atapnya berupa segitiga sama kaki yang miring dan meruncing ke arah utara. Atap tersebut terbelah jadi dua, untuk menciptakan view persis seperti layar perahu kertas.

Di seluruh taman Kota Hiroshima, terdapat 17 toilet berbentuk serupa, tapi terdiri dari beragam warna, mulai dari kuning cerah, oranye, biru, pink, hijau, dan warna lainnya. Warna-warni ini mewakili karakter kertas origami.


  1. JinHua Architecture Park public toilet








Negeri Tirai Bambu memiliki sebuah taman khusus bangunan arsitektur yang terletak di Jinhua, Provinsi Zhejiang. Di dalamnya, terdapat banyak bangunan berbentuk unik dengan arsitektur modern, salah satunya adalah toilet umum. Ada 4 toilet umum yang dibangun saling membelakangi. Atapnya sengaja dibuat berlubang (sebenarnya lebih tepat jika dikatakan tanpa atap), untuk memperlancar sirkulasi udara dan cahaya. Menurut rencana, seharusnya di setiap muka toilet terdapat pohon yang memfilter jumlah panas matahari dan air hujan yang masuk melalui atap. Tapi, jika kita lihat, nyaris tidak ada pohon di bagian depannya. Dibandingkan toilet lainnya, toilet umum ini berukuran paling kecil dan saling terpisah. Ternyata, ini untuk menjaga privasi setiap pengguna.


  1. Public Toilet, Gdansk






Untuk menyambut turnamen sepakbola dua tahunan, Euro Cup 2012,  Schleifer & Milczanowski Architekci diminta untuk membangun sebuah toilet umum yang representatif dan selaras dengan tema olahraga ini. Akhirnya, dirancanglah sebuah bangunan dengan fasad menyerupai ujung obor kayu. Bangunan ini dibuat se-stylish dan sepraktis mungkin, serta mudah dijangkau. Dengan waktu yang singkat dan untuk memenuhi kriteria feasibility, maka dibangunlah bangunan berbentuk silinder yang bagian bawahnya menggelembung ini. Sang arsitek rupanya juga menyadari kemungkinan adanya prefabrikasi, sehingga bagian fasad dibuat multifungsi, yakni sebagai pembatas parkir sepeda.


  1. Centennial Park Amenities






Di Australia, toilet umum untuk taman sering diletakkan secara tersembunyi di bawah tanah atau di balik pepohonan. Fakta ini menunjukkan bahwa toilet masih dianggap sebagai bangunan yang kotor dan kurang pantas. Karenanya, Lahz Nimmo Architects merancang public toilet yang modern, berkelas, dan layak dilihat oleh banyak orang, khususnya pengunjung tempat wisata alam. Toilet umum di Centennial Park didesain tanpa mengurangi keindahan taman itu sendiri, dengan fasad kayu minimalis dan bentuk menyerupai kontainer yang direfabrikasi.

Toilet pria dan wanita dibagi menjadi 2 paviliun berbeda yang dihubungkan oleh atap yang menyatu. Di bagian tengah antara keduanya terdapat ruang khusus sebagai area penyimpanan perlengkapan toilet dan sebagai jalan masuk. Sang arsitek pun memastikan bahwa pengguna toilet tetap bisa menikmati keindahan taman selagi mereka mencuci tangan di wastafel.


  1. Graviculture M






Shuhei Endo dikenal karena rancangan bangunannya yang original dan inovasi penggunaan material, misalnyasheet-metal bergelombang seperti yang digunakan dalam toilet umum di Miki-city Hyogo prefecture, Japan. Dinding luarnya berbentuk bulat cincin dan dibangun dari bata. Tetapi, tidak seperti bangunan umumnya yang langsung menempel dengan atap, atap yang terbuat dari Corten steel tidak dipasang menempel, tetapi ada celah selebar kira-kira 60 cm.

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang melingkar, denah ruangan di dalamnya juga menyesuaikan bentuk lingkaran. Partisi yang menyekati setiap bilik pun dibentuk melingkar. Toilet yang terletak di area lapangan tenis Miki-city ini juga berfungsi sebagai ticket-booth.

Semua toilet tersebut ada di luar negeri. Bagaimana dengan negara kita? Makanya, kalau ada foto unik bertema kamar mandi atau ruangan keren lainnya, kirim saja di Rooangku.

Semoga ini bisa menginspirasi pemilik dan pengelola toilet umum agar lebih memerhatikan kenyamanan dan terutama kebersihan fasilitas publik. Anda pun bisa mengambil beberapa contoh yang cukup menginspirasi. Bisa jadi, Anda meraih penghargaan kamar mandi terbaik di Indonesia.

Sumber:

http://www.telegraph.co.uk
http://www.businessinsider.com
http://www.dailymail.co.uk
http://www.newzealand.com
http://www.designcurial.com

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites